Rabu, 25 Februari 2015

Wisata Religi Masjid Cheng Ho Surabaya


Masjid Cheng Ho Surabaya yang terletak di Jalan Gading Surabaya ini memiliki bangunan khas dengan arsitektur oriental yang memadukan Budaya China, Jawa dan Islam.

Hampir di semua bangunan terdapat aksen seni yang melambangkan akulturasi budaya China Islam dengan perpaduan warna antara Merah, Hijau dan Kuning.

Di area Masjid Cheng Ho terdapat sebuah Joglo yang menjadi bangunan khas adat Jawa, bangunan ini seolah menegaskan adanya hubungan yang sangta erat antara suku Jawa dan budaya Cina.

Nama Masjid Cheng Ho diambil dari nama Laksamana Cheng Ho, Beliau merupakan seorang Laksamana dari Cina menjadi muslim selama masuk ke Tanah Jawa dan berada di Kerajaan Majapahit.

Bentuk Masjid Cheng Ho sendri terinspirasi dari Niu Jei salah satu Masjid di Beijing yang dibangun pada tahun 996 Masehi dan dibuka untuk umum pada 13 Octobers 2002. 


Luas Masjid Cheng Ho mampu menampung sekitar 230 orang Jamaah.
Hampir di setiap sudut Masjid di hiasi oleh interior Cina, seperti yang terlihat pada bagian depan Masjid.

Di depan Gerbang terdapat sebuah bangunan menyerupai Pagoda adapula Patung Naga dan Singa yang terbuat dari Lilin yang bertuliskan firman Alloh Swt.

Di bagian sisi kiri bangunan Masjid terdapat sebuah Bedug yang menjadi salah satu peralatan yang ada di Masjid.

Sementara itu setiap bangunan Masjid Cheng Ho Surabaya memiliki delapan sisi yang masing – masing memiliki makna tersendiri, seperti nomor 11 yang melambangkan ukuran berarti Ka’bah, nomor 9 melambangkan Sembilan Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam di Tanah Jawa. Sedangkan angka delapan memiliki makna pat kwa yang berarti keberuntungan atau  hoki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar