Senin, 26 Januari 2015

Tips Berwisata Ke Kawah Gunung Ijen


Kawah Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur sangat cocok dikunjungi terutama bagi wisatawan yang gemar berpetualang.

Untuk menuju ke area puncak Kawah Ijen para pengunjung harus berjalan kaki Meski rasa lelah mendera namun sesampainya di Puncak Kawah Ijen rasa lelah seakan langsung sirna setelah menyaksikan keindahan kawah yang berwarna biru kehijauan.

Saat berada di area Kawah Ijen tak jarang para Wisatawan akan berpapasan dengan para penambang belerang yang lalu lalang mengangkut belerang di pundaknya dengan berat mencapai 80 kilogram.
Harga tiket masuk ke Gunung Ijen untuk Turis lokal Rp 2.000 sedangkan untuk Turis Asing Rp 15.000.

Bagi Anda yang berencana ingin pergi berwisata ke Gunung Ijen berikut beberapa tips berkunjung ke Gunung Ijen : 

1. Transportasi

Jika Anda Backpacker, Anda bisa menuju kawasan wisata Gunung Ijen dari Terminal Bondowoso naik angkutan desa rute Kecamatan Sempol dengan ongkos Rp 20 Ribu, selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek menuju ke Pos Paltuding dengan ongkos sekitar Rp 40Ribu, dari situ Anda mulai berjalan kaki menyususri jalan setapak hingga menuju kawasan Kawah ijen.

 2. Penginapan

Di sekitar pos akhir Paltuding banyak tersedia Villa dan Penginapan murah dengan harga bervariasi mulai Rp 100 ribu/malam, hingga Rp 500ribu/malam untuk sewa Villa dengan 3 unit kamar.
Namun jika Anda lebih nyaman bisa memilih penginapan milik PTP yang berada di sekitar perkebunan Belawan dengan harga mulai Rp 135 ribu/malam.

3. Waktu Terbaik

Waktu terbaik berkunjung ke Gunung Ijen adalah di musim kemarau atau sekitar Bulan Juni hingga September, tidak dianjurkan berkunjung ke Kawah Ijen saat musm Hujan karena jalanan untuk menuju ke kawasan Puncak sangat licin dan sangat membahayakan jiwa.

Usahakan naik ke puncak Gunung sebelum pukul 05.00 pagi, sebab Udara dan pemandangan di Kawah Ijen saat pagi hari sangat menakjubkan selain itu Anda pun bisa terhindar dari terik Matahari yang menyengat dan biasanya Bau Belerang di pagi hari belum terlalu menyengat.

Saat berada di Puncak Kawah Ijen pastikan Anda memakai Masker untuk menutup Mulut dan hidung agar terhindar dari zat belerang yang cukup berbahaya, gunakan perlengkapan dan pakaian yang dianggap nyaman seperti Syal Leher, Jaket tebal, Sepatu Kets, Senter dan Tas dengan beban yang tidak terlalu berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar